hm

Senin, 05 September 2016

pertemuan pertama pengenalan kimia organik 1

Saat kita belajar Kimia Organik terdapat atom-atom yang akan sering kita jumpai yaitu C, H, N, S, O, dan P. Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai kimia organik wajib kita kuasai  terlebih dahulu pemahaman mengenai apa itu atom, unsur, senyawa, dan molekul. Berikut penjelasannya:

  •   Atom adalah: Satuan/bagian terkecil dari suatu materi yang terdiri atas inti, yang biasanya mengandung proton (muatan+) dan neutron (netral), dan kulit yang berisi elektron (muatan-). atom sifatnya satu persatu / tidak berupa kumpulan dan belum memiliki ikatan.
  • · Unsur adalah: Sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya dan belum memiliki ikatan.
  • Molekul adalah Gabungan / ikatan dari dua atom atau lebih . Artinya ketika berbicara molekul maka yang dibayangkan adalah gabungan atom2 (bukan 1 atom). Molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur/senyawa
  • Senyawa adalah zat murni yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung melalui reaksi kimia.
Terlepas dari hal-hal di atas afinitas elektron juga memiliki peranan penting dalam materi kimia organik.
Afinitas elektron merupakan salah satu sifat keperiodikan unsur. Afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan oleh suatu atom (dalam wujud gas) ketika menangkap satu elektron membentuk ion negatif. Karena energi dilepas, maka harga afinitas elektron diberi tanda minus. Afinitas elektron adalah enegi yang dilepaskan atau diserap oleh atom netral dalam wujud gas apabila terjadi penangkapan satu elektron yang ditempatkan pada kulit terluarnya dan atom menjadi ion negatif. Afinitas elektron dapat berharga positif dan negatif. Afinitas elektron berharga negatif apabila dalam proses penangkapan satu elektron, energi dilepaskan. Ion negatif yang terbentuk akibat proses tersebut bersifat stabil. Hal sebaliknya terjadi apabila dalam proses penangkapan satu elektron, energi diserap. Penyerapan energi menyebabkan ion yang terbentuk bersifat tidak stabil. Semakin negatif harga afinitas lektron suatu atom unsur maka ion yang terbentuk semakin stabil.

afinitas elektron dalam sistem periodikdari kiri ke kanan semakin besar (meningkat), dari bawah ke atas semakin besar (meningkat), dan dari sudut diagonal kiri bawah ke ke sudut diagonal kanan atas semakin besar (meningkat).




  

5 komentar:

  1. Assalamualikum yet,dari postingan mu "Afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan oleh suatu atom (dalam wujud gas) ketika menangkap satu elektron membentuk ion negatif." lalu apa perbedaannya anatara afinitas elektron dengan keelektronegatifan

    BalasHapus
  2. wa'alaikumusallam safira, perbedaan antara afinitas elektron dengan keelektronegatifan yaitu Afinitas elektron merupakan enegi yang dilepaskan atau diserap oleh atom netral dalam wujud gas apabila terjadi penangkapan satu elektron yang ditempatkan pada kulit terluarnya dan atom menjadi ion negatif, sedangkan keelektronegatifan adalah kemampuan relatif suatu atom untuk menarik elektron dalam pembentukan ikatan jadi seperti itu safira.

    BalasHapus
  3. wallaikumsalam wr.wb
    kalo menurut saya ,Afinitas elektron itu energi yg dipunyai setiap atom untuk menarik elektron dari atom lain, sedangkan elektronegatifitas itu sifat kecenderungan atom untuk menarik elektron dr atom lain, makanya afinitas elektron tinggi maka elektronegatifitas jg tinggi ..

    BalasHapus
  4. saudari yeti, dari sumber yang saya baca Afinitas elektron bukan hanya energi yg dipunyai setiap atom untuk menarik elektron dari atom lain, tetapi juga energi untuk melepas elektron untuk atom lain. bagaimana penjelasan saudara yeti tentang hal itu?

    BalasHapus
  5. saudari Nelly, jadi maksud dari sumber yang Anda baca yaitu
    > penyerapan elektron ada yang disertai pelepasan maupun pemyerapan energi
    > jika penyerapan elektron disertai penyerapan energi, maka harga afinitas elektronnya bertanda negatif
    > jika penyerapan elektron disertai pelepasan energi, maka harga afinitas elektronnya bertanda positif
    semakin negatif harga finitas elektron suatu unsur, semakin besar kecenderungan unsur tersebut menarik elektron.

    BalasHapus